BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA ONLINE "NEWS TIPIKOR"

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Lanudal Kupang Budidayakan Lagi Lebah Madu

TNI AL-Dispen Puspenerbal (5/9/2024) | Guna melanjutkan program ketahanan pangan, Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Kupang, Puspenerbal, Mayor Laut (P) Arief Sukmono Akbar kembali menegaskan untuk terus membudidayakan lebah madu timur Apis Cerana di lahan ketahanan pangan Lanudal Kupang.

Hal tersebut diungkapkan Danlanudal Kupang saat meninjau aktivitas personelnya yang tengah menyiapkan dan merawat tempat budidaya lebah Apis Cerana dilahan ketahanan pangan Lanudal Kupang pada Kamis (5/9/2024).

Danlanudal Kupang mengatakan, sebelum memulai penempatan koloni lebah pada kotak-kotak sarang yang telah disiapkan, pencarian ratu lebah dilaksanakan dengan bantuan personel dari Dinas Kehutanan kabupaten Kupang.

"Lebah Apis Cerana yang ketika dewasa mempunyai ciri berwarna hitam dengan empat garis kuning di perut ini, merupakan spesies lebah madu asli Asia Selatan, Tenggara dan Timur," ungkapnya. 

Pada proses pencarian ratu lebah ini lanjutnya, dilakukan dengan sangat teliti untuk memastikan keberadaan ratu lebah agar tidak kabur bersama koloninya. 

Lebah Apis Cerana merupakan jenis lebah madu lokal yang memiliki sifat rentan hijrah ketika sumber makanan di alam tidak mencukupi.

Dengan dasar tersebut tambahnya, penempatan kotak-kotak koloni lebah sangat diperhatikan dengan cara ditempatkan pada area kebun ketahanan pangan yang sebelumnya telah ditanami bibit sayur dan buah-buahan produktif, agar disaat tanaman tersebut berbunga bisa menjadi sumber nektar yang merupakan bahan makanan utama lebah madu.

"Program budidaya lebah ini merupakan salah satu bagian dari program ketahanan pangan, selain peternakan kambing dan penanaman tanaman sayur serta buah-buahan produktif yang sebelumnya telah dilaksanakan di Lanudal Kupang," pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar