BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA ONLINE "NEWS TIPIKOR"

Koarmada III Sosialisasi Pencegahan Bahaya Cacar Monyet

TNI AL, KOARMADA III | Komando Armada III melalui Dinas Kesehatan Koarmada III melakukan sosialisasi peningkatan dan pencegahan wabah Monkeypox atau cacar monyet kepada Prajurit dan ASN Koarmada III di Gedung mas Pardi, Senin (26/8/2024).

Kepala Dinas kesehatan Koarmada III Kolonel Luat (K) dr.Benny Kristyantoro,Sp.U., Senin,mengatakan penyakit cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh monkey pox virus, sama seperti penyakit cacar lainnya maka penyakit cacar monyet ditandai dengan gejala berupa bintil-bintil berair di kulit.

"Seiring dengan meningkatnya kasus cacar monyet di Indonesia, kami meningkatkan kewaspadaan," kata Benny.

Kegiatan sosialisasi dipimpin langsung oleh Kasubdis Kesum Diskes Koarmada III Letkol Laut (K) dr.Indra Wijayanto,SpB.dengan pemapar materi Letda Laut (K) dr. Yudhistira. Dimana dijelaskan penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus. Penyebaran virus dari hewan ke manusia dapat terjadi melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi.jelas yudhistira.

Lebih lanjut dijelaskan oleh dr.Yudhistira bahwa virus cacar monyet memiliki masa inkubasi antara 1 hingga 14 hari sebelum menimbulkan gejala.

Diharapkan setelah mendapatkan penjelasan yang baik dari Tim Kesehatan Koaramada III, seluruh prajurit dan ASN  lebih memahami dan tidak menjadikan situasi ini sebagai sumber kepanikan, tetapi justru meningkatkan kewaspadaan bersama.

Posting Komentar

0 Komentar