BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PORTAL BERITA ONLINE "NEWS TIPIKOR"

Tingkatkan Pelayanan Operasional, Lanudal Kupang Pasang Antena HF

TNI AL-Dispen Puspenerbal (23/8/2024) | Guna meningkatkan pelayanan operasional, Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Danlanudal) Kupang Mayor Laut (P) Arief Sukmono Akbar turun langsung meninjau pemasangan antena HF (High Frequency) dari Diskomlekal. Jumat (23/8/2024).

Pemasangan Antena HF ini terjalin sinergitas antara Lanudal Kupang dengan Lantamal VII Kupang. 

Menurut Danlanudal Kupang, Antena HF ini bertujuannya untuk meningkatkan dan memperlancar pelayanan komunikasi dengan pesawat udara khususnya pesawat maupun helikopter di bawah jajaran Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal).

Dengan adanya radio HF ini, maka Lanudal Kupang diharapkan dapat berkomunikasi lebih jauh  dari atau ke Kupang serta ke antar Pangkalan.

Disela-sela kegiatan tersebut Komandan Lanudal Kupang menguji fungsi langsung kemampuan radio HF tersebut, dengan menghubungi Pangkalan TNI AL lainnya.

Menurutnya, Antena HF berfungsi sebagai penerima dan pemancar sinyal radio untuk komunikasi jarak jauh antara pesawat dengan pesawat lain atau dengan Pangkalan.

Antena HF dapat digunakan untuk komunikasi suara maupun pengiriman data dan menggunakan frekuensi antara 3MHz sampai dengan 30MHz. 

Sinyal radio HF dapat dikirim melalui ribuan kilometer dan diterima dengan baik dan andal bahkan di antara gedung-gedung tinggi atau pegunungan besar. Antena HF dapat dijumpai pada pesawat udara, seperti antenna tower BAR yang terdapat di pesawat maupun helikopter.

Posting Komentar

0 Komentar